Warta Blitar

Berbagi Informasi Terpercaya

Mengenal Beragam Materi Dalam Jurusan Teknik Geofisika

 

Kampus Unggulan di Jakarta memiliki Program Studi Teknik Geofisika. Prodi tersebut menjadi ilmu kebumian yang menggunakan prinsip fisika, metematika, dan geologi.

Dengan adanya dukungan perangkat komputasi dan instrumentasi, sistem bawah permukaan bisa berguna dalam bidang eksplorasi dan produksi sumber daya, serta dpenyelesaian masalah di lingkungan.

Jika kamu ingin mengambil jurusan Teknik Geofisika, sebaiknya kamu memahami lebih dalam mengenai materi apa saja yang akan kamu pelajari di jurusan ini. Simak ulasannya hingga akhir, ya!

Matematika Dasar (Kalkulus)

Ketika pertama kali masuk perkuliahan, kamu akan bertemu dengan matematika dasar yang belajar mengenai kalkulus. Pada mata kuliah kalkulus ada pelajaran teorema dasar kalkulus yang menjelaskan hubungan antara dua operasi pusat seperti diferensial dan integral.

 

Fisika Dasar

Fisika dasar ini akan membahas mengenai mekanik benda titik dan benda tegar, fisika termal, fluida, serta termodinamika. Secara umum, fakultas sains dan teknik di perguruan tinggi akan belajar mengenai mata kuliah ini.

 

Kimia Dasar

Mata kuliah kimia dasar juga akan kamu jumpai pada semester awal perkuliahan. Hal yang akan kamu pelajari meliputi stoikiometri asam nasa, lauratan, redoks, sifat periodic atom, struktur atom, ikatan kovalen, ikatan ion, kepolaran, dan VSEPR.

 

Biologi Umum

Mata kuliah biologi umum akan mengajakmu belajar mengenai dasar biologi sebagai ilmu. Kamu akan menjumpai pembelajaran tentang struktur, sel, metabolisme, genetika, nomenklatur, keanekaragaman hayati, dan masih banyak lagi materi lainnya.

 

Perpetaan

Salah satu mata kuliah yang penting dan pasti kamu temui jika kuliah di Teknik Geofisika adalah perpetaan. Dalam mata kuliah ini, kamu akan belajar mengenai cara memetakan wilayah yang melimpah sumber daya alamnya, memetakan daerah rawan bencana, dan lainnya.

Sebenarnya masih banyak lagi materi yang bisa kamu pelajari dalam jurusan Teknik Geofisika. Tentunya semua mata kuliah bermanfaat untuk meningkatkan wawasan para mahasiswa. Jika kamu ingin melaksanakan proses pembelajaran terbaik, kamu bisa bergabung menjadi mahasiswa Universitas Pertamina.

 

universitaspertamina.ac.id

Tujuan dari Prodi Teknik Geofisika Universitas Pertamina sendiri adalah menghasilkan lulusan yang paham mengenai konsep ilmu dan dapat menerapkannya untuk menemukan solusi dan berkompetensi dalam tingkat nasional maupun internasional.

Tidak perlu khawatir, lulusan dari Prodi Teknik Geofisika Universitas Pertamina bisa menjadi Ahli Geofisika dalam berbagai bidang lho. Misalnya, bidang eksplorasi, bidang produksi minyak dan gas bumi, bidang geothermal, bidang pertambangan, bidang komputasi, bidang pengembangan wilayah dan lingkungan, serta bidang pendidikan dan penelitian kebumian.

Tertarik ingin berkuliah di Kampus Teknik Terbaik? Segera kunjungi www.universitaspertamina.ac.id dan daftarkan dirimu! Semoga bermanfaat!